Sumur Wakaf Bahagiakan Santri dan Warga

Sumur Wakaf Bahagiakan Santri dan Warga

Puluhan anak berlarian dengan riang di halaman pesantren. Wajah-wajah lugu itu menyiratkan kebahagiaan, dan semangat yang tinggi. Terlihat sebagian dari mereka asyik bermain di area play ground dengan ayunan, seolah terik panasnya matahari tak cukup untuk membuat mereka lelah dan berhenti. beginilah potret keseharian dari kegiatan para santri di pesantren Hidayatullah,Cirebon.

Berdiri di area pesantren ini 3 jenjang Pendidikan, mulai dari SD, MTs (Madrasah Tsanawiyah) hingga MA (Madrasah Aliyah), yang setidaknya ada 200 murid setiap hari belajar di sini.

Ustad Suharno (51) menyempaikan, kegiatan belajar selama ini tidak hanya sekedar mengembangkan penidikan formal sebagaimana sekolah-sekolah pada umumnya, namun juga dididik untuk basic entrepreneur dan menghafal Al-quran, sebagai bekal kemandirian, dan pembentukan karakter yang sesuai dengan tuntunan-Nya.

Tingginya aktifitas di pesantren Hidayatullah Cirebon ini, menimbulkan cukup banyak kebutuhan yang harus di penuhi, salah satu di antaranya ialah ketersediaan air bersih. Namun, pasca kemarau panjang yang melanda akhir 2019, sumur yang ada di pesantren mengalami kerusakan sehingga debit air yang dihasilkan sangat terbatas.

“Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar di sini tetap berjalan dengan baik, pun dengan aktifitas di masjid yang selalu ramai dengan jama’ah. Sejak sumur mengalami kerusakan, pesantren mencoba mensiasatinya dengan mengoperasikan beberapa mesin, walaupun pada akhirnya tidak juga cukup untuk memenuhi kebutuhan,” tutur Suharno menyampaikan.

Untuk mengatasi persoalan minimnya air bersih yang terjadi di pesantren Hidayatullah Cirebon, Baitul Wakaf dengan dukungan para donatur, membuat sumur wakaf di area sekitar pesantren, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan santri serta masyarakat sekitar yang minim ketersediaan air bersih.

Sumur Wakaf ini merupakan program yang yang diinisiasi Baitul Wakaf untuk membantu lembaga pendidikan, pesantren dan masyarakat yang mengalami krisis air bersih di setiap sudut Nusantara. Mari bersama buat mereka merasakan kesegaran air sebagaimana yang kita rasakan setiap saat, hal nyata yang terasa sederhana untuk kita, namun merupakan wujud kemewahan bagi mereka.

 

Share on Whatsapp

Post Comment